Jawaban yang Tak Kunjung Datang

Avalokiteśvara Bodhisattva.

Tundukkanlah pandanganmu kepadaku. Pinjamkanlah tanganmu kepadaku. Belai lembut wajahku yang sudah terbakar gosong tidak karuan. Rengkuhlah diriku yang sudah tak kuasa untuk meninggalkan jejak.

Jangan langsung menghisap sesuatu yang manis. Jangan langsung memuntahkan sesuatu yang pahit. Kecaplah setiap butirannya. Telanlah dengan perlahan. Jalani. Jalani. Jalani.

Masokis.

Sebuah pedang kecil yang kerap digunakan oleh pencuri jaman dahulu menancap menembus tengkorakku. Tetapi, aku berhasil menariknya keluar. Dengan tenang, tanganku meraih alkohol, kapas, perban, jarum dan benang. Kedua tanganku dengan telaten menjahit luka yang menganga itu dan memerban kepalaku dengan apik.

Aku masih hidup. Aku tertawa sembari air mengalir melintasi dari hilir ke hulu. Beberapa cipratannya membasahi langit-langit mulutku. Surrealis.

Ah, aku telah tersadar.

***

Dalam Matematika, ada tiga kisah cinta yang paling menyedihkan. Kisah-kisah itu melibatkan sepasang garis pada bidang koordinat. Mereka adalah garis tangen, garis parallel, dan garis asimtot.

Garis-garis tangen yang hanya memiliki satu kesempatan untuk bertemu, tetapi mereka akan berpisah untuk selamanya. Mereka jatuh pada pandangan pertama, tetapi tidak pernah dapat untuk saling menyapa lagi.

Garis-garis parallel yang ditakdirkan agar tidak bisa bertemu satu sama lain.

Dari ketiga pasangan itu, kisah yang paling sedih datang dari garis-garis asimtot. Mereka bisa saling dekat dan semakin dekat, tetapi mereka tidak akan pernah bisa bersama. Sehebat apapun usaha mereka, mereka tidak akan pernah mencapai impian mereka.

Aku pun mendengus. Perbedaan freewill dan takdir memang setipis kertas.

Namun aku terkadang termenung sambil bertanya-tanya apakah ada garis yang akan menemaniku nanti? Atau apa justru aku akan menjadi suatu garis linier yang berjuang untuk melintang sendirian? Lagi-lagi aku menerawang, menanti jawaban yang tak kunjung datang.

Advertisements

2 thoughts on “Jawaban yang Tak Kunjung Datang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s