Sesuatu Bernama Kenangan: Amayadori

Think I’ll miss you forever
Like the stars miss the sun in the morning skies
Later’s better than never
Even if you’re gone I’m gonna drive, drive, drive

—Lana Del Rey, Summertime Sadness

Satu atau dua tahun dari sekarang, kenangan akan percakapan kita akan terasa berjarak. Jauh.

Seperti mimpi, engkau dapat mengingat tetapi tidak dapat membawa pikiranmu untuk  menghidupkan kembali perasaanmu. Tidak semua hal akan mengingatkanku padamu lagi. Begitu pula sebaliknya. Lagu yang kita dengarkan, film yang kita tonton, foto dan kutipan yang kita bagikan, engkau akan bisa menikmatinya kembali, tanpa merasakan kepedihan di hatimu. Semuanya akan memudar seiring dengan berjalannya waktu dan terjadinya hal-hal sepele dalam kehidupan sehari-harimu. Dan sampai saat itu, aku harus menghadapi kekosongan dalam hatiku yang telah engkau tinggalkan. Ucapanmu terus melekat dalam pikiranku, sepanjang hari. Wajahmu terus membayangi benakku, di sepanjang sisa malamku.

Namun demikian, sama sekali aku tidak menyesal mengenalmu. Engkau dapat membenciku. Mendendam akibat perbuatan burukku padamu. Aku tak mempersalahkan hal itu. Mendendamlah, sampai akhirnya tiba waktumu untuk dapat memaafkan diriku.

Dan apabila kelak engkau telah memaafkanku setulus hatimu, mendekatlah. Aku hendak membisikkan sesuatu di telingamu. Bahwa untuk sebuah kesempatan merengkuh dirimu dengan sepenuh hati di dunia yang nyaris kehilangan maknanya bagiku, aku selalu berterima kasih atas hadirnya dirimu dalam hidupku. Selalu. Walaupun kehadiranmu hanya sesaat.

Sesaat. Seperti rintik hujan yang turun di sore hari bulan November, seperti itu pula semua hal hanya mengada dalam kesementaraannya masing-masing. Temporer. Seperti rintik hujan yang kemudian menjadi deras seiring dengan waktu yang berlalu dan engkau pun berteduh darinya. Hingga pada akhirnya hujan akan reda dan engkau dapat melangkah pergi meninggalkan tempat berteduhmu, untuk kembali pulang. Menuju rumah dimana hatimu berada.

Advertisements

20 thoughts on “Sesuatu Bernama Kenangan: Amayadori

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s